Mari bersama ELSAM memperjuangkan HAM

 

Bagaimana anda bisa berpartisipasi?

Anda dapat terlibat dalam advokasi Hak Asasi Manusia bersama ELSAM dalam banyak bentuk yang sesuai dengan harapan anda. Anda dapat mendukung advokasi HAM dengan menandatangani petisi yang dibuat ELSAM, membuat surat dukungan untuk kampanye ELSAM, mengikuti berbagai program magang ELSAM atau menjadi volunteer penerjemah  untuk berbagai publikasi dan kegiatan ELSAM. Selain itu anda juga dapat membantu dengan memberikan donasi

 

PROGRAM MAGANG

1.   Penanganan Kasus

ELSAM membuka kesempatan magang dalam penanganan kasus untuk mahasiswa hukum, lulusan fakultas hukum, atau para advokat yang ingin bersama dengan Tim Hukum ELSAM menangani berbagai kasus pelanggaran HAM, termasuk permohonan judicial review baik ke Mahkamah Konstitusi maupun ke Mahkamah Agung. Kegiatan ini mencakup penanganan kasus,  penelitian hukum untuk mendukung kasus atau advokasi kebijakan hukum, pemantauan persidangan atau kegiatan lain yang relevan.

2.   Advokasi

ELSAM membuka kesempatan untuk magang di bagian advokasi kebijakan HAM. Kegiatan ini mencakup kampanye dalam berbagai bentuk, lobby, berjejaring, dan kegiatan lain yang relevan dalam mendukung advokasi kebijakan.  

3.   Penelitian

ELSAM membuka kesempatan untuk bersama-sama melakukan penelitian berbagai masalah HAM. Peserta magang akan terlibat dalam semua tahap penelitian ELSAM yang meliputi perancangan sampai pelaksanaan penelitian, diskusi-diskusi, dan berbagai kegiatan lain yang relevan. Peserta magang bagian ini juga dimungkinkan mendapat dukungan untuk melakukan penelitian secara mandiri dan mendapatkan  bimbingan dalam melakukan penelitian.  

4.   Pendokumentasian

ELSAM membuka kesempatan untuk magang di bagian Pendokumentasian Pelanggaran HAM yang akan bersama-sama melakukan Pendokumentasian dengan Tim ELSAM.  Kegiatan pendokumentasian ini mencakup pengumpulan data, data entry, analisa peristiwa pelanggaran HAM, dan penyusunan laporan HAM. Peserta magang akan mendapatkan pelatihan singkat tentang berbagai sistem pendokumentasian pelanggaran HAM, termasuk ketrampilan-ketrampilan khusus misalnya teknik wawancara,  teknik dasar fotografi, pembuatan video singkat, dan sebagainya.

 

KETENTUAN UMUM PROGRAM MAGANG

 

Kualifikasi

a.     Mahasiswa/lulusan S1, S2 (non-gelar akan dipertimbangkan dengan sejumlah penilaian)

b.     Berkomitmen dalam pembelaan HAM

c.     Mempunyai komitmen waktu minimal 2 hari dalam 1 minggu

 

Waktu 

Program magang dilakukan berkala selama 6 bulan. Penerimaan magang dilakukan dua kali dalam setahun, yakni pada awal tahun (Januari - Juni) dan pertengahan tahun (Juli - Desember), atau berdasarkan pada penanganan kasus-kasus yang khusus, advokasi tertentu atau penelitian dengan topik tematik. 

Calon peserta magang berkala harus mengirimkan aplikasi magang maksimal 1 bulan sebelum periode magang.

 

Aplikasi/Lamaran

Jika anda tertarik mengikuti program magang, silakan mengirim surat aplikasi dan data diri anda ke email  [email protected]

 

KETENTUAN KHUSUS

Peserta program magang untuk bagian penanganan kasus, harus lulusan atau mahasiswa Fakultas Hukum.

 

PROGRAM VOLUNTARY

Volunteer Penerjemah

ELSAM membutuhkan volunteer untuk melakukan kerja-kerja penerjemahan untuk mendukung berbagai kegiatan advokasi yang dilakukan. Dukungan penerjemahan dokumen dari bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris dan sebaliknya.

Kualifikasi

a.     Berkomitmen dalam pembelaan HAM

b.     Mempunyai kemampuan berbahasa inggris baik lisan maupun tertulis

c.     Mempunyai komitmen waktu untuk membantu penerjemahan

Komitmen Waktu

Volunteer penerjemah ini berdasarkan pada komitmen waktu yang disediakan oleh peserta. ELSAM tidak membatasi waktu penerjemahan, namun menghargai penyelesaian bantuan penerjemahan sesuai dengan waktu yang disepakati.

Mekanisme

Mekanisme kerja dalam kegiatan ini dapat dilakukan tanpa harus hadir di ELSAM. Komunikasi dilakukan melalui telepon, email dan saluran komunikasi lainnya. ELSAM  akan mengirimkan dokumen-dokumen yang disepakati untuk diterjemahkan. Volunteer akan melakukan penerjemahan dan kemudian mengirimkan hasil terjemahannya kembali kepada ELSAM. Pihak ELSAM, jika diperlukan, akan melakukan pengecekan hasil terjemahan (proofread).

Aplikasi/Lamaran:

Jika anda tertarik mengikuti program volunteer, silakan mengirim surat aplikasi, data diri dan selembar contoh terjemahan (teks asli dan hasil terjemahan) anda ke email  [email protected]