ELSAM News Januari 2014 - Elsam.or.id ELSAM News Januari 2014

Wujudkan masyarakat dan negara  Indonesia yang demokratis, berkeadilan dan megnhormati Hak Asasi Manusia
If this email not displaying correctly, View this email in your browser
Share
Tweet
Rekan-rekan ELSAM,

Melalui email newsletter ini, kami ingin mengucapkan selamat tahun baru 2014 kepada rekan-rekan semua.

Dalam email newsletter kali ini, kami juga ingin menginformasikan berbagai kegiatan ELSAM yang dilakukan selama bulan Januari 2014. Beberapa kegiatan ELSAM di bulan Januari 2014 ini mencakup kegiatan-kegiatan advokasi yang menjadi fokus kerja kami serta kegiatan-kegiatan lainnya.

Semoga informasi yang kami sampaikan dalam email newsletter ini dapat berguna bagi rekan-rekan sekalian.

Salam,

Indriaswati D. Saptaningrum
Direktur Eksekutif



FOKUS


Kebebasan Berekspresi di Ranah Maya


Karut-Marut Tata Kelola Internet dan UU ITE

ELSAM bekerjasama dengan ICT Watch, SAFENET, ID Config, Pamflet dan HIVOS mengadakan diskusi publik bertajuk Tantangan Kebebasan Berekspresi di Ranah Maya. Diskusi yang diselenggarakan di Hotel Ibis Tamarin, Jakarta Pusat, ini menghadirkan empat narasumber sebagai pemantik diskusi. Keempat narasumber itu adalah Prita Mulyasari (korban penerapan UU ITE), Sekretaris Direktorat Jenderal APTIKA Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Djoko Agung, Anggota Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo dan peneliti senior ICT Watch Donny Budhi Utoyo.

Baca selengkapnya



Pelanggaran HAM Masa Lalu


Menyuarakan Masa Kelam Anak-anak Timor Timur


ELSAM bekerjasama dengan Umverteilen dan Kepustakaan Populer Gramedia menggelar peluncuran buku 'Anak-Anak Tim-Tim di Indonesia: Sebuah Cermin Masa Kelam,' karangan Helene van Klinken. Buku ini merupakan edisi terjemahan dari "Making Them Indonesian: Child Transfer out of East Timor' yang diterbitkan pertama kali oleh Monash University Publishing. 

Baca selengkapnya



Pemutaran Film Jembatan Bacem di Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto


ELSAM bekerjasama dengan Rhizome UNSUD, Himakom (Himpunan Mahasiswa Komunikasi) dan YPKP HAM mengadakan diskusi dan pemutaran film Jembatan Bacem di Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto. Kegiatan diskusi dan pemutaran film ini diadakan di ruang Soemarmo B FISIP UNSOED. Undangan pemutaran film ini sengaja dikhususkan untuk mahasiswa dan generasi muda, dengan tujuan agar mahasiswa dapat melihat sejarah peristiwa 1965/1966 dari sisi korban.

Baca selengkapnya



Advokasi dan Pemantauan Kebijakan HAM


UU Ormas Belenggu Kebebasan Berserikat


ELSAM bersama-sama Koalisi Kebebasan Berserikat menguji 11 pasal Undang-Undang No 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) di Mahkamah Konstitusi. Sidang permohonan pengujian 11 pasal UU Ormas tersebut digelar tanggal 27 Januari 2014. Kesebelas pasal itu dinilai mengekang kebebasan berserikat dan merugikan hak-hak konstitusional pemohon karena melahirkan norma yang ambigu, tidak jelas dan multitafsir.

Baca selengkapnya di sini dan di sini



Advokasi Bisnis dan HAM


Lahan Kompensasi Holcim Untuk Kawasan Hutan di Blitar Dipertanyakan


Sidang gugatan petani Gondangtapen terhadap Kementerian Kehutanan kembali digelar Kamis, 30 Januari 2014 di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) DKI Jakarta. Agenda sidang adalah pemeriksaan saksi-saksi dari pihak penggugat yang merupakan petani Gondangtapen, terkait sejarah penggarapan lahan eks PT. Semen Dwima Agung (sekarang Holcim Indonesia), sejak tahun 1996.

Baca selengkapnya
DONASI
PARTISIPASI
PUBLIKASI
VIDEO
INFORMASI DAN DOKUMENTASI HAM ELSAM
FOLLOW ELSAM
Facebook
Twitter
YouTube
Website
Copyright 2014 Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat, All rights reserved.


unsubscribe from this list    update subscription preferences 



Artikel Terkait