PENGUATAN KORBAN <br> Sosialisasi Koperasi Korban di Sulawesi Tengah - Elsam.or.id PENGUATAN KORBAN
Sosialisasi Koperasi Korban di Sulawesi Tengah

Selasa, 31 Maret 2015

ELSAM, Palu Pembangunan koperasi korban dan keluarga korban pelanggaran HAM, sebagai salah satu upaya memberdayakan perekonomian korban, menjadi penting untuk dilakukan. Hal ini mengingat peristiwa pelanggaran HAM juga memiliki dampak pada penghancuran perekonomian para korban dan keluarga korban. Selama ini, banyak korban dan keluarga korban pelanggaran HAM, khususnya di beberapa daerah, terjebak dalam lingkaran utang rentenir untuk menghidupi keluarganya.

Untuk mewujudkan pembangunan koperasi korban di wilayah Sulawesi Tengah, ELSAM bersama Solidaritas Korban Pelanggaran HAM (SKPHAM) Sulawesi Tengah, menggelar pelatihan dan perintisan pembangunan koperasi di wilayah tersebut pada 28-29 Maret lalu. Pasca pelatihan dan pembentukan koperasi korban di Sulawesi Tengah, ELSAM dan SKPHAM Sulteng mengadakan sosialisasi koperasi kepada para korban dan keluarga korban di 3 wilayah kota/kabupaten, yakni di Sigi, Donggala dan Palu.

Sosialisasi mengenai koperasi korban di Kabupaten Sigi, yang digelar di kantor kepala desa Soulowe, Kecamatan Dolo, dihadiri sekitar 30 korban dan keluarga korban pada Senin (30/3). Sementara sosialisasi di kota Palu dan kabupaten Donggala digelar pada Selasa (31/3), serta dihadiri sekitar 30 orang dari masing-masing kota/kabupaten.

Antusiasme para korban dan keluarga korban pelanggaran HAM terkait koperasi korban ini sangat tinggi karena aturan peminjaman dari koperasi korban dirasakan sangat meringankan para korban dan keluarga korban. Koperasi ini juga dirasa dapat membantu usaha para korban dan keluarga korban, yang sebagian besar pedagang dan petani. []

Penulis: Ari Yurino




Artikel Terkait