AGENDA <br> Pelatihan HAM bagi Hakim Pengadilan Negeri: Toleransi dalam Kebhinnekaan sebagai Paradigma Peradilan Gelombang Kedua - Elsam.or.id AGENDA
Pelatihan HAM bagi Hakim Pengadilan Negeri: Toleransi dalam Kebhinnekaan sebagai Paradigma Peradilan Gelombang Kedua

Sepanjang tahun 2014, dalam pemantauan ELSAM, setidaknya terdapat tujuh perkara berbasis agama atau keyakinan yang berproses hukum hingga pengadilan. Putusan-putusan pengadilan terhadap perkara-perkara tersebut masih belum memenuhi rasa keadilan minoritas korban pelanggaran hak kebebasan beragama atau berkeyakinan. Namun juga terdapat beberapa putusan yang penting untuk menjadi yurisprudensi, misalnya telah memasukkan instrumen-instrumen hak asasi manusia.


Fenomena yang mewarnai peradilan perkara-perkara berbasis agama atau keyakinan, khususnya pada tingkat pengadilan, diantaranya adalah: 1) adanya hukuman ringan terhadap pelaku atau membebaskan pelaku; 2) adanya perlakuan hakim yang tidak imparsial; 3) hakim sebagai pemegang kuasa arus lalu lintas persidangan kurang tegas, yang mengakibatkan munculnya teror dan intimidasi; 4) kriminalisasi terhadap korban; dan, 5) hakim jarang sekali menggunakan instrumen hak asasi manusia dalam membuat putusan.

Melihat situasi tersebut diperlukan cara pandang yang sama, yang objektif terhadap kasus-kasus berbasis agama/kepercayaan, sehingga penghormatan terhadap nilai-nilai hak asasi manusia dapat diaplikasikan pada institusi pengadilan. Terlebih jika mengingat institusi peradilan juga memiliki kewajiban untuk menjaga dan memperkuat Bhinneka Tunggal Ika di Indonesia.

Oleh karenanya, dalam rangka mengembangkan pemahaman dan penghormatan hak asasi manusia, khususnya terkait dengan kebebasan agama atau keyakinan, ELSAM bekerjasama dengan Badiklat Litbang Kumdil Mahkamah Agung Republik Indonesia menyelenggarakan Pelatihan Hak Asasi Manusia dengan tematik isu Hak Kebebasan Beragama atau Berkeyakinan. Pelatihan ini diharapkan dapat membangun paradigma dan memperluas cara pandang hakim terhadap isu toleransi dalam kebhinnekaan, dan hak kebebasan beragama atau berkeyakinan.

Setelah menggelar pelatihan HAM untuk hakim Pengadilan Negeri gelombang pertama di Bali, ELSAM bersama Badiklat Litbang Kumdil Mahkamah Agung kembali akan menggelar pelatihan yang sama untuk gelombang kedua pada:

Hari/Tanggal : Senin-Kamis/9-12 Maret 2015
Tempat : Hotel Salak The Heritage Bogor

Pelatihan gelombang kedua ini akan diikuti 100 orang peserta dari wilayah hukum Pengadilan Tinggi Bandung, Banten, Jakarta, Semarang, Banda Aceh, Tanjung Karang dan DI Yogyakarta.



Downloads
Artikel Terkait