Ringkasan Eksekutif Laporan Penyelidikan Pelanggaran Hak Asasi Manusia Berat - Elsam.or.id Ringkasan Eksekutif Laporan Penyelidikan Pelanggaran Hak Asasi Manusia Berat

Judul: Ringkasan Eksekutif Laporan Penyelidikan Pelanggaran HAM Berat


xx + 450 hlm: 17 x 24 cm

Penanggung Jawab: Roichatul Aswidah, Muhammad Nurkhoiron

Pembaca Akhir: Firdiansyah, D. Andi Nur Aziz

Layouter: Muhamad Isnaini

Diterbitkan oleh Komnas HAM RI

Selama 16 tahun pasca reformasi, berbagai inisiatif telah dilakukan untuk menggali jalan penyelesaian atas tuntutan keadilan dari para korban dan masyarakat sipil. Keseluruhan langkah itu tertuang dalam berbagai kebijakan yang dilahirkan pemerintah dalam berbagai bentuknya. Namun keseluruhan langkah kebijakan tersebut belum menghasilkan langkah berarti, baik karena minim dukungan politik maupun karena bersifat parsial dan kurang komprehensif, sehingga tidak menghasilkan fondasi bagi langkah penyelesaian yang berkelanjutaan dan komprehensif.

Kebuntuan penuntasan ini juga menimbulkan masalah lain yang lebih besar dengan secara diam-diam 'menormalkan' kekerasan dan penggunaan kekerasan sebagai praktik keseharian dalam bernegara. Reproduksi kekerasan ini muncul dalam simptom-simptom yang meski tidak secara langsung memiliki keterkaitan dengan peristiwa pelanggaran hak asasi manusia masa lalu, tetapi secara lebih dalam mencerminkan reproduksi pola kekerasan yang sama. Hal ini terekam dalam berbagai peristiwa seperti kekerasan oleh kelompok berbasis agama, konflik antar masyarakat yang didasari pada akses pengelolaan sumber daya alam, dan berbagai peristiwa lainnya. Dalam jangka panjang, situasi ini jelas menggerogoti agenda penguatan ke'Bhinnekaan' dan restorasi sosial dalam masyarakat.

Penerbitan ringkasan eksekutif dari sepuluh (10) kasus yang telah selesai diselidiki oleh Komnas HAM ini adalah bagian dari upaya menumbuhkan memori kolektif kita atas peristiwa pelanggaran hak asasi manusia yang berat yang terjadi. Agar kemudian penyelesaian atas pelanggaran itu menjadi tuntutan dan kebutuhan kolektif untuk kita menemukan jalan untuk kembali pada Dasar Negara Pancasila dan Konstitusi.


Untuk melihat ringkasan eksekutif ini, silakan klik http://www.flipsnack.com/ELSAM/ringkasan-eksekutif-hasil-penyelidikan-komnas-ham.html





Artikel Terkait