Seri Pemantauan Peradilan #2 <br> Proses Hukum yang Gagal Menghadirkan Keadilan: <br> Kasus Kekerasan terhadap Jemaat Ahmadiyah Cikeusik - Elsam.or.id Seri Pemantauan Peradilan #2
Proses Hukum yang Gagal Menghadirkan Keadilan:
Kasus Kekerasan terhadap Jemaat Ahmadiyah Cikeusik

Judul laporan : Proses Hukum yang Gagal Menghadirkan Keadilan: Kasus Kekerasan terhadap Jemaat Ahmadiyah Cikeusik


Tim Pemantau Peradilan Kasus Kekerasan terhadap Ahmadiyah Cikeusik
Observer : Ali Nugroho

Penulis : Andi Muttaqien, Muhammad Isnur, Rizka Argadianti Rachmah

Editor : Muhammad Yasin

Design & Layout : Fransiskus Adi Pramono

Penerbit : ELSAM, 2014

Peradilan terhadap tragedi Cikeusik, merupakan salah satu peristiwa hukum yang sangat menyedihkan di tahun 2011. Pengadilan Negeri Serang menjatuhkan putusan ringan kepada para penyerang Jemaat Ahmadiyah Cikeusik. Yaitu hanya tiga sampai enam bulan, sementara korban yang diserang hingga tewas berjumlah tiga orang. Lebih menyedihkan lagi, korban lainnya justru ditahan dan diadili.

Tragedi Cikeusik merupakan peristiwa yang menunjukkan kegagalan negara dalam memberikan perlindungan terhadap warga negaranya. Ini juga memperlihatkan wujud kebencian dan sikap intoleransi masyarakat yang berlebihan terhadap warga lainnya. Kekerasan Cikeusik bukanlah kekerasan spontan melainkan kekerasan yang sudah terencana karena fakta lapangan memiliki pola yang jelas, dimana ada fase penyebaran kebencian dan fase pengerahan kelompok penyerang dan penyerangan itu sendiri. Pola-pola ini juga tidak hanya ditemui dalam peristiwa Cikeusik, tetapi juga ditemukan dalam peristiwa-peristiwa serupa di wilayah lain. 

Investigasi dan pemantauan peradilan ini mengidentifikasikan bahwa pola-pola kekerasan dalam Peristiwa Cikeusik mematahkan argumen bahwa bentrokan terjadi akibat provokasi anggota JAI, karena tanpa kedatangan JAI dari Jakarta dan Serang aksi penyerangan mungkin tetap akan berlanjut. Demikian pula argumen yang menyebutkan bahwa peristiwa Cikeusik sebagai peristiwa kekerasan horizontal antara kelompok penentang Ahmadiyah dengan JAI Umbulan, karena penyerangan ini memang penyerangan yang direncanakan secara terorganisasi dengan fase-fase yang sangat jelas.

Untuk membaca laporan investigasi dan pemantauan peradilan seri #2 ini, silakan klik http://www.flipsnack.com/ELSAM/laporan-monitoring-peradilan-kbb-seri-2.html





Artikel Terkait