Nawacita4: Mata Jalan Para Penyintas - Elsam.or.id Nawacita4: Mata Jalan Para Penyintas

Koalisi untuk Keadilan dan Pengungkapan Kebenaran (KKPK) bermaksud meluncurkan laporan hasil proses Tahun Kebenaran tentang 40 tahun kekerasan dan rekomendasi penyelesaiannya pada tanggal 3 dan 4 Oktober 2014, di GoetheHaus, Jakarta. Kegiatan ini juga dibarengi dengan kegiatan Mata Budaya yang merayakan 60 tahun Putu Oka Sukanta berkarya. Putu Oka Sukanta adalah salah satu sosok penyintas yang terus menerangi jalan menuju Indonesia yang adil dan bermartabat.

Sejak tahun 2012, KKPK melakukan rangkaian kegiatan dalam payung "Tahun Kebenaran" yang melibatkan berbagai aktor pegiat HAM dan komunitas korban di Indonesia. Forum Dengar Kesaksian (secara lokal di 5 provinsi dan secara nasional di Jakarta), pendokumentasian kasus pelanggaran HAM sejak 1965-2005 (KKPK mencatat sekitar 1.300 kasus kekerasan dengan jumlah korban 3.150 orang - 550 perempuan dan 2.600 laki-laki), serta penulisan laporan kebenaran telah melibatkan puluhan komunitas korban dari berbagai peristiwa (di antaranya meliputi konflik sumber daya alam, kekerasan berbasis agama dan atau ideologi, militerisme) telah selesai diselenggarakan.

Proses, hasil dan rekomendasi dari kegiatan-kegiatan tersebut telah disampaikan KKPK kepada Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Harapannya, isi dan rekomendasi laporan tersebut akan menjadi landasan bagi pemerintahan baru dalam menangani persoalan HAM masa lalu. Hal ini sesuai dengan visi misi Jokowo-JK yang tercantum dalam Nawacita. Dalam Nawacita tersebut ditegaskan perlunya memperkuat peran negara dalam penegakan hukum, termasuk kasus pelanggaran HAM masa lalu.

Kegiatan peluncuran laporan hasil proses Tahun Kebenaran tentang 40 tahun kekerasan tersebut akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal : Jum'at/Sabtu, 3-4 Oktober 2014
Waktu : 18.30 - 21.30 WIB
Tempat : GoetheHaus, Jalan Sam Ratulangi No 9-15, Jakarta Pusat.


Ketua Panitia




Rini Pratsnawati



Downloads
Artikel Terkait