Modul Pelatihan Monitoring Peradilan dalam Kasus Kebebasan Beragama/ Berkeyakinan - Elsam.or.id Modul Pelatihan Monitoring Peradilan dalam Kasus Kebebasan Beragama/ Berkeyakinan


Judul: Modul Pelatihan Monitoring Peradilan dalam Kasus Kebebasan Beragama/ Berkeyakinan

Penulis: Andi Muttaqien, Antonio Pradjasto Hardojo, Febi Yonesta, Herizal E. Arifin

Pembaca Ahli: Zainal Abidin

Editor : Adiani Viviana, Herizal E. Arifin, Ikhana Indah

Desain dan tata letak: Daywin Prayogo, Fransiskus Adi Pramono, Kania Mezariani

Penyelaras Akhir: Wahyu Wagiman

Kolasi: 183 hal.

Impresum: Jakarta, ELSAM 2014

ISBN: 978-979-8981-47-0

 


Situasi pluralitas di Indonesia saat ini diwarnai dengan berbagai bentuk intimidasi dan kekerasan terhadap kelompok agama minoritas, mulai dari pelarangan atau pembatasan aktivitas keagamaan, perusakan tempat ibadah, pemaksaan atas suatu agama atau keyakinan, kriminalisasi hingga pembunuhan atas nama perbedaan golongan. Seringkali tindakan tersebut menguap begitu saja, tanpa pernah diproses secara hukum di tingkat peradilan, dan hampir pasti rasa keadilan menguap juga dari harapan kelompok minoritas yang mendapat perlakuan tersebut.

Negara sebagai pelindung hak warga negaranya saat ini belum mampu memastikan penikmatan akan hak tersebut. Dari sejumlah kasus pelanggaran terhadap kebebasan beragama yang terjadi, hanya segelintir yang diperiksa di peradilan, meskipun peristiwa tersebut dari kaca mata publik dapat dibuktikan sebagai pelanggaran hukum. Masuk di tingkat peradilan, tidak juga menjamin seseorang mendapatkan keadilannya, karena aparat penegak hukum tidak menunjukkan profesionalitasnya saat memeriksa sebuah peristiwa yang terkait dengan keyakinan seseorang atau golongan.

Peran masyarakat sipil, khususnya para pekerja hak asasi manusia yang memfokuskan dirinya pada perjuangan kebebasan beragama dan berkeyakinan, diharapkan mampu berpartisipasi aktif dalam mendorong sistem peradilan agar lebih imparsial dan memenuhi rasa keadilan korban dari kelompok minoritas. Melihat kondisi tersebut, ELSAM menerbitkan Modul Pelatihan Monitoring Peradilan Dalam Kasus Kebebasan Beragama/Berkeyakinan. Hadirnya modul ini diharapkan mampu berkontribusi bagi reformasi sistem peradilan yang lebih imparsial, memfasilitasi keadilan tanpa melihat golongan, suku, ras dan agama.

Hubungi [email protected] untuk mendapatkan modul ini.




Downloads
modul_kbb.pdf   1.98 MB

Artikel Terkait