PEMANTAUAN KEBIJAKAN <br> DPR Diminta Pertimbangkan Pemahaman HAM Calon Hakim Konstitusi - Elsam.or.id PEMANTAUAN KEBIJAKAN
DPR Diminta Pertimbangkan Pemahaman HAM Calon Hakim Konstitusi

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI diminta memahami bahwa hak azasi manusia (HAM) menjadi faktor penting dalam kelolosan dua calon hakim konstitusi dalam uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III. Komitmen yang kuat terhadap HAM dianggap bisa menghindarkan hakim agung dari perbuatan korupsi sebagai salah satu aspek pelanggaran HAM.

"ELSAM (Lembaga Studi Advokasi Masyarakat) mencermati bahwa pengetahuan tentang HAM yang memadai, menjadi salah satu kriteria penting dalam pengisian jabatan hakim konstitusi," demikian disampaikan Direktur Eksekutif ELSAM Indriaswati D Saptaningrum sebagaimana disampaikan dalam rilis, Jakarta, Senin (3/3).

Dewan telah menerima 12 orang pendaftar untuk calon hakim konstitusi, dua di antaranya akan dipilih sebagai hakim konstitusi untuk periode 2014-2019. Lembaga pegiat HAM itu juga meminta meskipun proses seleksi cukup singkat, namun bisa dihasilkan hakim konstitusi yang berkualitas.

Hakim  dengan perspektif HAM dinilai mampu menghindarkan kasus korupsi, seperti yang terjadi pada mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

Selain itu pengetahuan akan HAM juga dianggap akan membantu hakim untuk bisa memahami konstitusi.

"MK dalam menyusun argumentasi untuk mendukung keputusannya seringkali menggunakan landasan teori, konsep dan pengertian HAM, yang bukan hanya bersumber pada UUD 1945,  tapi juga merujuk pada berbagai instrumen HAM internasional dan regional," kata dia lagi.

Sumber: http://www.beritasatu.com/nasional/169167-dpr-diminta-pertimbangkan-pemahaman-ham-calon-hakim-konstitusi.html




Artikel Terkait