Modul Pelatihan Hak Asasi Manusia Tingkat Lanjut Bagi Aparat Penegak Hukum di Wilayah Rentan Konflik - Elsam.or.id Modul Pelatihan Hak Asasi Manusia Tingkat Lanjut Bagi Aparat Penegak Hukum di Wilayah Rentan Konflik

Judul: Modul Pelatihan Hak Asasi Manusia Tingkat Lanjut Bagi Aparat Penegak Hukum di Wilayah Rentan Konflik

Penyusun: Roichatul Aswidah, Syahrial Martanto Wiryawan, Zainal Abidin, D. Andi N. Aziz, Yuli Asmini 

Editor: Abdul Haris Semendawai, Adiani Vivian, Ikhana Indah

Kolasi: xxii, 236 hal. ; 30cm.

Impresum: Jakarta: Institute for Criminal Justice Reform (ICJR), Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM), War Crimes Studies Center (WCSC) bekerjasama dengan Mahkamah Agung RI, didukung oleh US Federal, 2012

ISBN: 978-602-18223-1-9

Kata Pengantar

Administrasi peradilan di Indonesia, terutama dalam konteks paska maupun rentan konflik, sangat membutuhkan pengintegrasian nilai-nilai serta standar-standar hak asasi manusia. Hal ini bukan saja disebabkan oleh fakta bahwa Indonesia merupakan Negara pihak dlaam berbagai Konvensi Internasional yang behubungan dengan hak asasi manusia, khususnya Kovenan Internasional tentang Hak Sipil dan Politik, namun juga karena penerapan suatu sistem keadilan yang melanggar hak asasi manusia dan tidak peka terhadap kebutuhan khusus wilayah-wilayah paska atau rentan konflik tidak akan dapat bersumbangsih positif terhadap usaha resolusi konflik dan pemeliharaan perdamaian.

Kebutuhan akan sistem peradilan yang menghormati dan melindungi hak asasi manusia terutama dalam konteks masyarakat paska atau rentan konflik inilah yang memicu kami untuk mengimplementasikan kegiatan-kegiatan untuk tujuan peningkatan kapasitas Penegak Hukum dan pengarusutamaan Hak Asasi Manusia di Papua. Kegiatan ini diselenggarakan oleh kerjasama tiga organisasi yang konsen dalam bidang reformasi peradilan, dan mempromosikan nilai-nilai hak asasi manusia, yaitu Institute for Criminal Justice Reform (ICJR), Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM), War Crimes Studies Center (WCSC) bekerjasama dengan Mahkamah Agung RI.

program peningkatan kapasitas penegak hukum dan pengarusutamaan hak asasi manusia di Papua ini, telah dilakukan sejak tahun 2010, dengan berbagai aktivitas kegiatan turunan meliputi Penyusunan Modul atau Panduan pelatihan, Pelatihan Hak Asasi Manusia bagi Aparat Penegak Hukum di Papua yang terdiri dari 6 (enam) rangkaian pelatihan, mulai dari tingkat dasar hingga tingkat pelatihan untuk pelatih, riset kecil, simposium hukum, dan pengintegrasian modul Hak Asasi Manusia ke dalam kurikulum pendidikan dan latihan pada 5 (lima) Badan Pendidikan dan Pelatihan Aparat Penegak Hukum.

Modul ini, merupakan salah satu seri dari Serial Modul HAM yang kami susun, yang terdiri dari Modul Dasar, Modul Lanjutan, dan Modul untuk pelatih. Rangkaian 6 pelatihan hak asasi manusia juga menggunakan serial modul tersebut sebagai panduan. Para penyusun modul merupakan individu-individu yang bertahun-tahun telah berkecimpung dalam dunia pendidikan dan penyusunan modul Hak Asasi Manusia. Proses penyusunan modul juga melibatkan ahli di bidang Pendidikan Hak Asasi Manusia sebagai konsultan. Di samping itu, kami juga melakukan diskusi dengan para pendidik pada Lembaga Pendidikan Polisi, Mahkamah Agung, Kejaksaan agung, Komnas HAM, dan Lembaga Pemasyarakatan/ Departemen Hukum dan HAM.


--

Catatan: silakan hubungi ELSAM bila anda tertarik mendapatkan buku ini.


Artikel Terkait