Notice: session_start(): ps_files_cleanup_dir: opendir(/var/lib/php5) failed: Permission denied (13) in /var/www/elsam.or.id/lama/jfKlass3v2/jfkInclude.php on line 2

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /var/www/elsam.or.id/lama/jfKlass3v2/jfkInclude.php:2) in /var/www/elsam.or.id/lama/jfKlass3v2/jfkInclude.php on line 4
ELSAM | Defending human rights for justice
[Me]lanjutkan untuk Melanggar: Laporan situasi hak asasi manusia di Indonesia caturwulan pertama 2012 - Elsam.or.id [Me]lanjutkan untuk Melanggar: Laporan situasi hak asasi manusia di Indonesia caturwulan pertama 2012

Buruknya situasi pemenuhan hak asasi manusia sepanjang tahun 2011 sepertinya belum menjadi refleksi dan pertimbangan utama pemerintahan Yudhoyono untuk segera mengambil langkah perbaikan. Situasi ini tergambar dari masih tingginya praktik pelanggaran hak asasi manusia selama periode Januari-April 2012. Penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu yang belum menemukan titik terang, kebebasan beragama dan berkeyakinan yang belum mendapatkan perlindungan memadai, hingga maraknya penyiksaan tahanan. Konflik masyarakat melawan perusahaan untuk memperebutkan lahan pun terus berkecamuk, dan kian lengkap dengan masih tingginya peristiwa kekerasan di Papua.

 

Kuatnya jaminan perlindungan hak asasi manusia yang diberikan konstitusi, tak dibarengi dengan keseriusan pemerintah dalam mengimplementasikan pementuhan hak asasi. Lengkapnya instrumen hukum nasional yang secara khusus mengatur mengenai bagaimana negara harus memajukan, melindungi dan memenuhi hak asasi, pun nampak tidak memiliki makna. Sehari-hari bisa dengan mudah kita saksikan terjadinya beragam pelanggaran, baik secara langsung [by commission], maupun tindakan pembiaran [by omission], dan kegagalan negara untuk bertindak secara layak [failure to act] dalam melindungi HAM.

 

Kuatnya otoritas yang dimiliki organ-organ negara tidak didayagunakan sedemikian rupa untuk melindungi hak-hak warga negara, khususnya mereka yang rentan dan minoritas. Aparat negara acapkalibertindak atas desakan kelompok mayoritas, yang melahirkan praktik-praktik diskriminatif, karena tidak mempertimbangan kepentingan kelompok yang minoritas.

 

Dalam reproduksi kebijakan legislasi, meski ada beberapa yang patut mendapatkan apresiasi, namun pada sisi lain juga masih bermuculan produk legislasi yang sepenuhnya tak sejalan hak asasi. Pembentukan regulasi di ranah legislatif seringkali masih dimaknai sebagai formalitas dari rutinitas legislasi, tanpa secara khusus mempertimbangan paramater hak asasi sebagai substansi.

 

Laporan ini membabarkan situasi hak asasi manusia dalam empat bulan pertama tahun 2012, tentang bagaimana negara menjalankan kewajiban memajukan, melindungi dan memenuhi hak asasi. Di dalamnya dipaparkan beberapa isu utama, yang selama ini menjadi fokus kegiatan dan advokasi Elsam. Informasi yang disajikan dalam laporan ini berasal dari sumber primer yang di dapat Elsam selama proses advokasi, investigasi pelanggaran, maupun laporan dari jaringan Elsam di daerah. Pemberitaan media massa yang secara teratur memberitakan setiap kali terjadi peristiwa pelanggaran, juga menjadi instrumen penting dalam penyusunan laporan ini. 




Downloads
Artikel Terkait