Vonis untuk Mantan Dandim Dili Akan Ditunda - Elsam.or.id Vonis untuk Mantan Dandim Dili Akan Ditunda

Koran Tempo, Selasa 03 Desember 2002

JAKARTA - Ketua majelis hakim ad hoc perkara pelanggaran HAM berat di Timor Timur dengan terdakwa mantan Komandan Distrik Militer Dili Letnan Kolonel Sudjarwo, Andi Samsan Nganro, mengaku sedang mempertimbangkan untuk menunda pembacaan vonis yang seharusnya dilakukan hari ini.

"Majelis hakim sedang mempertimbangkannya masak-masak," kata Nganro kepada TEMPO News Room melalui telepon kemarin.

Sudjarwo didakwa melakukan pembiaran terjadinya pelanggaran HAM berat dalam dua peristiwa yakni 5 September 1999 di Keuskupan Dili dan esok harinya di kediaman Uskup Carlos Felipe Ximenes Belo. Jaksa Penuntut Umum Ad hoc Rusman Hadi menuntutnya hukuman 10 tahun penjara.
Dalam pemeriksaan perkara ini, tak satupun saksi korban dari Timor Leste hadir. Majelis hakim akhirnya mengizinkan pembacaan lima dari 11 saksi korban yang keterangannya tercantum di Berita Acara Pemeriksaan, termasuk kesaksian Uskup Belo.

Meski demikian, hakim anggota Binsar Goeltom menegaskan bahwa kesaksian Belo sangat vital karena bertentangan dengan keterangan banyak saksi lain. Untuk menunggu kesaksian Belo inilah, kata Nganro, putusan akan diundur. wahyu dhyatmika