Kasasi Korban Priok Ditolak - Elsam.or.id Kasasi Korban Priok Ditolak

Koran Tempo, Senin 10 November 2008

MAHKAMAH Agung menolak permohonan kasasi 13 korban kasus Tanjung Priok, yang meminta eksekusi atas kompensasi untuk mereka. Hakim menilai putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang menolak permohonan itu sudah tepat. ”Jadi, permohonan kasasi ditolak,” kata Nur Hadi, Humas Mahkamah Agung, Senin pekan lalu.

Dalam pertimbangan hukumnya, majelis kasasi menilai fakta yang dialami korban penembakan di Priok pada 14 September 1984 tidak dapat dipertimbangkan. Putusan diambil pada 21 Juli 2008, dengan majelis terdiri atas hakim agung Parman Soeparman sebagai ketua serta anggota hakim agung Andar Purba dan hakim agung Imam Haryadi.

Pada 28 Februari lalu, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menolak permohonan eksekusi. Hakim menganggap pemberian kompensasi batal melalui putusan kasasi Mahkamah Agung, yang membebaskan para terdakwa. Padahal, Pengadilan Ad Hoc Hak Asasi Manusia pada 20 Agustus 2004 memutuskan 13 orang itu beserta keluarga korban berhak mendapatkan kompensasi material dan imaterial Rp 1,15 miliar.

sumber: http://majalah.tempointeraktif.com/